Momentum Hari Pendidikan Nasional: Studi Menunjukkan Pentingnya Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan dalam Meningkatkan Niat Siswa untuk Memperoleh Sertifikasi Akuntan Profesional

Sertifikasi Akuntan Profesional
Sumber: istockphoto.

Dalam dunia pendidikan yang semakin kompleks dan kompetitif, keandalan dan kepercayaan dalam laporan keuangan dan praktik akuntansi sangat penting bagi para siswa dan mahasiswa jurusan akuntansi. Untuk memastikan bahwa para profesional akuntansi memiliki pengetahuan, keterampilan, dan integritas yang diperlukan, sertifikasi akuntansi menjadi landasan yang kuat.

Dalam artikel ini, kami akan memaparkan hasil review jurnal yang kami ambil dari lima jurnal mengenai sertifikasi akuntansi. Sertifikasi akuntansi adalah proses di mana seorang individu mengikuti program pendidikan dan menjalani ujian yang ditetapkan oleh badan sertifikasi yang diakui secara internasional atau nasional.

Melalui sertifikasi ini, seorang profesional akuntansi dapat membuktikan kompetensinya dalam bidang akuntansi dan memenuhi standar etika yang tinggi.

Bacaan Lainnya
DONASI

Dalam jurnal Factors Influencing the Intention to Obtain Accountant Certifications penelitian ini menemukan bahwa pengetahuan tentang sertifikasi akuntan profesional tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap niat siswa untuk mendapatakan sertifikasi akuntan professional seperti ACCA, CA, dan juga CPA.

Namun, sikap siswa terhadap sertifikasi tersebut memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat mereka untuk memperoleh sertifikasi akuntan profesional seperti ACCA, CA, dan juga CPA. Selain itu, norma subyektif atau pengaruh sosial dari lingkungan sekitar siswa juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap niat mereka (Laksmi & Suciati, 2018).

Penelitian mengenai sertifikasi akuntansi juga dilakukan oleh Duwi Mihartinah dan Isma Corynata dalam jurnal yang berjudul Pengaruh Sikap terhadap Perilaku, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku Persepsian terhadap Niat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengambil Sertifikasi Chartered Accountant di mana hasilnya menunjukkan bahwa norma subjektif berpengaruh positif terhadap niat mahasiswa akuntansi untuk mengambil sertifikasi Chartered Accountant (CA), sementara sikap terhadap perilaku dan kontrol perilaku persepsian tidak berpengaruh signifikan.

Pembahasan dari penelitian ini menyimpulkan bahwa sikap terhadap perilaku tidak berpengaruh terhadap niat mengambil sertifikasi CA, karena responden dalam penelitian ini tidak memiliki keyakinan bahwa dengan mengambil sertifikasi CA akan memberikan hal positif bagi mereka (Mihartinah & Corynata, 2018).

Dalam dunia pendidikan sertifikasi juga memiliki dampak di mana hal ini diteliti oleh Sari Widyastuti dan Agung Yulianto dalam jurnalnya yang berjudul Peran Mediasi Motivasi Kerja pada Pengaruh Sertifikasi Profesi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di mana dalam penelitiannya menunjukkan bahwa motivasi kerja guru dipengaruhi positif oleh sertifikasi profesi dan kepemimpinan kepala sekolah, serta memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru.

Meskipun motivasi kerja berperan sebagai mediator dalam pengaruh sertifikasi profesi terhadap kinerja guru, namun tidak signifikan dalam memediasi pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.

Penelitian ini menekankan pentingnya peran motivasi kerja sebagai mediator dalam hubungan antara sertifikasi profesi dan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru (Widyastuti et al., 2018).

Baca Juga: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Satuan Pendidikan terhadap Kinerja Staf

Keikutsertaan dalam ujian sertifikasi akuntansi juga sangat berkaitan dengan motivasi seseorang dalam menjalanakan karier, kualitas, dan ekonomi mahasiswa akuntansi di mana dijelaskan dalam jurnal yang berjudul Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Mengikuti Uji Sertifikasi Teknisi Akuntansi di mana penelitian ini meneliti pengaruh motivasi kualitas, motivasi mengikuti uji TA SAK ETAP, motivasi karier, dan motivasi ekonomi terhadap minat mahasiswa akuntansi mengikuti uji sertifikasi teknisi akuntansi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mengikuti uji TA SAK ETAP dan motivasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti uji sertifikasi TA, sedangkan motivasi kualitas dan motivasi karier tidak.

Motivasi mengikuti uji TA SAK ETAP dan motivasi ekonomi mendorong mahasiswa akuntansi mengikuti uji sertifikasi teknisi akuntansi. Motivasi kualitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti uji TA.

Hal ini dikarenakan mahasiswa beranggapan sertifikasi lain dan dorongan diri lebih penting, motivasi mengikuti uji TA SAK ETAP berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti uji TA.

Uji TA SAK ETAP relevan dengan kemampuan mahasiswa akuntansi dan menjadi faktor pendorong mahasiswa mengikuti uji TA, motivasi karier tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti uji TA, motivasi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa mengikuti uji TA. Semakin tinggi keinginan gaji tinggi, semakin tinggi ketertarikan mengikuti uji TA (Trunojoyo Madura & Raya Telang Kecamatan Kamal, 2024).

Dan yang terakhir ialah bahwa biaya pendidikan dan status akreditasi program studi memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti ujian sertifikasi Chartered Accountant (CA). Namun, jenis kelamin dan keanggotaan kartu IAI tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam mengikuti ujian sertifikasi CA.

Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam mengambil sertifikasi CA. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa dan kualitas akuntan professional (Kurniawan & Nugroho, n.d.).

Momentum Hari Pendidikan Nasional yang kita peringati setiap tahunnya menjadi kesempatan yang tepat untuk merenungkan dan menggali potensi pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang berkualitas tidak hanya mencakup aspek keilmuan, tetapi juga melibatkan pengembangan sikap, norma, dan perilaku yang positif.

Baca Juga: Aplikasi Pembelajaran Memudahkan Akses Pendidikan di Era Digitalisasi

Dalam konteks ini, ajaran Tamansiswa yang ditekankan pada konsep “Ngerti, Ngrasa, dan Nglakoni” memiliki relevansi yang kuat dengan hasil review terhadap artikel tentang faktor-faktor yang mempengaruhi niat siswa untuk memperoleh sertifikasi akuntan profesional.

Dalam artikel tersebut, penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan (Ngerti) tentang sertifikasi akuntan profesional tidak secara langsung mempengaruhi niat siswa untuk memperoleh sertifikasi tersebut. Namun, faktor sikap (Ngrasa) dan norma subyektif (Ngrasa) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat siswa.

Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan tidak hanya tentang penguasaan pengetahuan, tetapi juga tentang bagaimana siswa mengevaluasi dan merespons suatu konsep atau profesi.

Dalam ajaran Tamansiswa, sikap yang positif terhadap suatu konsep atau profesi sangat ditekankan. Dalam hal ini, sikap siswa terhadap sertifikasi akuntan profesional menjadi kunci penting dalam mendorong niat mereka untuk memperolehnya.

Evaluasi individu terhadap manfaat dan nilai dari sertifikasi tersebut dapat membentuk sikap yang positif dan memotivasi mereka untuk mengejar sertifikasi akuntan profesional.

Penulis: Kelompok 4
1. Risty Emilia
2. Meri Grasia Elik
3. Dini Wahyu Resita
4. Agnes Hardiyanti Dwi Kartika

Mahasiswa Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Dosen Pembimbing: Adia Adi Prabowo, SE., M.Acc., Ak., CA.

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Daftar Pustaka

Kurniawan, D. A., & Nugroho, P. I. (n.d.). Minat Mahasiswa Akuntansi Feb UKSW untuk Mengikuti Ujian Sertifikasi Chartered Accountant (CA). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 5(2), 237–245.

Laksmi, A. C., & Suciati, I. (2018). Factors Influencing the Intention to Obtain Accountant Certifications. The Indonesian Journal of Accounting Research, 21(03). https://doi.org/10.33312/ijar.399

Mihartinah, D., & Corynata, I. (2018). PENGARUH SIKAP TERHADAP PERILAKU, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU PERSEPSIAN TERHADAP NIAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGAMBIL SERTIFIKASI CHARTERED ACCOUNTANT THE EFFECT OF BEHAVIOR, NORMA SUBJECTIVE, AND PERCEPTIVE BEHAVIOR CONTROL ON THE ACCOUNTING STUDENTS TO TAKE CHARTERED ACCOUNTANT CERTIFICATION. 8(2), 77–87.

Trunojoyo Madura, U., & Raya Telang Kecamatan Kamal, J. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA AKUNTANSI MENGIKUTI UJI SERTIFIKASI TEKNISI AKUNTANSI Izzul Muttaqin 1 Fariyana Kusumawati 2 12 (Vol. 9, Issue Januari).

Widyastuti, S., Yulianto Jurusan Pendidikan Ekonomi, A., Ekonomi, F., & Negeri Semarang, U. (2018). Economic Education Analysis Journal. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI