Pentingnya Pelatihan Certified Public Accountant (CPA), Certified Associate Accounting Technician (CAAT), Associate Wealth Planner (AWP) dan Certified Financial Planner (CFP) dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia: dengan Ajaran Tamansiswa Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa dan Tut Wuri Handayani

Tamansiswa
Ajaran Ki Hajar Dewantara.

Menghadapi persaingan global yang semakin ketat, penting bagi Indonesia untuk fokus pada peningkatan sumber daya manusia. Indonesia harus memprioritaskan peningkatan sumber daya manusia dengan mempertimbangkan tren perekonomian global.

Langkah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia salah satunya adalah mengikuti pelatihan Certified Public Accountant (CPA), Certified Associate Accounting Technician (CAAT), Associate Wealth Planner (AWP), dan Certified Financial Planner (CFP) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan profesionalnya dan menciptakan banyak peluang bagi pembangunan dan keberlanjutan ekonomi.

Salah satu profesi yang dituntut untuk bersaing di era global adalah profesi akuntan. Akuntan memiliki peran yang sentral dalam entitas bisnis. Institut Akuntan Publik Indonesia menyelenggarakan ujian profesi akuntan publik yang disebut juga “CPA of Indonesia Exam” sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2011 (Undang-Undang tentang Akuntan) Republik Indonesia. CPA of Indonesia Exam dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu: Ujian Tingkat Dasar A-CPA (Nurhayati et al., 2021).

Bacaan Lainnya
DONASI

Rendahnya pemilik sertifikat CPA di Indonesia secara umum adalah masalah waktu serta biaya yang tidak sedikit, sehingga dapat menghambat lulusan akuntansi untuk tidak menjadi seorang akuntan publik. Akuntan publik yang telah menempuh pendidikan tinggi, memiliki pengalaman yang cukup, dan mengikuti ujian sesuai persyaratan dapat meraih gelar Bersertifikat Akuntan Publik (BAP) yang setara dengan Certified Public Accountant (CPA) (Shafira Oktaviani et al., 2020).

Capaian tingkat kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia terus menjadi perhatian serius dalam berbagai sektor.

Meskipun telah banyak upaya untuk meningkatkan pendidikan dan pelatihan, tantangan seperti kesenjangan antara kurikulum sekolah dan kebutuhan industri, rendahnya akses ke pendidikan berkualitas, serta ketidakseimbangan antara keterampilan yang dimiliki oleh lulusan dan tuntutan pasar kerja masih menjadi hambatan.

Selain itu, rendahnya investasi dalam riset dan inovasi serta kurangnya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi juga turut berkontribusi pada rendahnya kualitas SDM.

Oleh karena itu, pengalaman audit memiliki peran penting dalam kinerja auditor terutama bagi auditor yang telah menjalankan pekerjaan audit minimal lebih dari 3 tahun yang dapat mengurangi kesalahan pekerjaan pemeriksaan karena telah terbiasa mengerjakannya.

Selain itu, auditor yang selalu mengikuti perkembangan dunia profesi melalui training atau mengikuti pengujian audit berbantuan computer Certified Associate Accounting Technician (CAAT) akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik (Sudayana et al., 2023).

Perencanaan keuangan syariah menjadi hal yang sangat penting dalam penguatan keluarga sakinah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat. Program pelatihan perencanaan keuangan syariah dilakukan dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan dan pemahaman masyarakat terkait produk dan layanan keuangan.

Pelatihan Associate Wealth Planner (AWP) meliputi penyusunan anggaran keuangan, perencanaan asuransi, dan perencanaan dana pembelian rumah (Malik et al., 2023).

Dengan adanya perkembangan dan kondisi yang ada, untuk peningkatan profesi perencanaan keuangan syariah dengan area lebih luas, terbentuklah Associate Wealth Planner (AWP) syariah sebagai peran penunjang literasi keuangan dalam bentuk perkumpulan profesi dari FPSB melalui pelatihan dan sosialisasi yang di-support oleh pemerintah serta mengakomodir perencanaan keuangan syariah dan menghasilkan gelar profesi AWP.

Baca Juga: Menuju Kejayaan dengan Ilmu: Peran Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko melalui Ajaran Tamansiswa Lawan Sastra Ngesti Mulya

Pelaksanaan perencanaan keuangan syariah, bisa dilakukan di berbagai daerah untuk peningkatan literasi, keilmuan dan ekonomi secara menyeluruh serta peningkatan kesejahteraan secara luas (AWP, 2021).

Kegiatan pelatihan dan pendampingan konsep dasar perencanaan keuangan pribadi atau Certified Financial Planner (CFP) dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada peserta terkait perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan merupakan proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana. Perencanaan keuangan jangka panjang sangat penting dan berfungsi untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran dari individu dalam mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Komponen dari perencanaan keuangan jangka panjang adalah untuk mengelola risiko yang akan berdampak negatif pada kondisi finansial seseorang.

Masa depan penuh ketidakpastian, risiko terjadi di masa depan perlu dikelola sehingga kehidupan keuangan tidak sulit baik bagi diri sendiri ataupun keluarga, oleh karena itu penting sekali untuk mengenali dan menentukan kebutuhan-kebutuhan keuangan masa depan (Emilda et al., 2023).

Perkembangan teknologi sudah sangat pesat dan kurikulum pendidikan sudah mengadopsi penerapan teknologi dalam pembelajarannya. CAAT (Computer Assisted Audit Techniques) merupakan salah satu gelar yang diperoleh setelah mengikuti pelatihan dan sertifikasi kompetensi komputerisasi akuntansi.

Pelatihan ini membantu meningkatkan pemahaman guru SMK dalam berbagai aspek, seperti pemahaman formulasi dalam aplikasi Spreadsheet, penggunaan rumus dalam aplikasi Spreadsheet, dan pengoperasian aplikasi accurate (Novianty et al., 2023).

Pembahasan mengenai topik ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, seperti kesenjangan antara kurikulum sekolah dan kebutuhan industri, rendahnya akses ke pendidikan berkualitas, dan kurangnya investasi dalam riset dan inovasi (Emilda et al., 2023).

Hal ini menunjukkan perlunya terus mendorong reformasi pendidikan serta menyediakan kesempatan yang lebih luas bagi individu untuk mengembangkan kemampuan dan kompetensi mereka. Dalam konteks Hari Pendidikan Nasional, hal ini menggarisbawahi pentingnya komitmen untuk memperbaiki sistem pendidikan dan pelatihan guna menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing dalam era global (Nurhayati et al., 2021).

Penulis:
1. Dr. Teguh Erawati, S.E., M.Sc., Ak., CA., ACPA
2. Adia Adi Prabowo, S.E., M.Acc., Ak., CA
3. Helena Xaveriana Putri Laka
4. Vivi Septiani
5. Muhammad Tsabitul Azmi
Mahasiswa Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Editor: Ika Ayuni Lestari

Bahasa: Rahmat Al Kafi

Ikuti berita terbaru di Google News

Daftar Pustaka

AWP. (2021). Belajar Perencanaan Keuangan AWP Program. https://awpacademy.com/

Emilda, Ratu, M. K., & Meiriasari. (2023). Pelatian Dan Pendampingan Konsep Dasar Perencanaan Keuangan Pribadi.

Malik, A. D., Tutuko, B., Hudaifah, A., & Asyhad, M. (2023). Pelatihan Keuangan Syariah Sebagai Penguatan Strategi Keluarga Sakinah. http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/SULUH

Novianty, I., Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Komputerisasi Akuntansi Bagi Guru SMK yang Tergabung dalam MGMP Akuntansi Kota Cimahi Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Komputerisasi Akuntansi Bagi Guru SMK yang Tergabung dalam MGMP Akuntansi Kota Cimahi, etall, Aprilliawati, Y., Afianty, F., Sutrisno Putra, S., & Citra Mulyandani, V. (2023). INFORMASI ARTIKEL ABSTRAK. 4(3). https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1518

Nurhayati, I., Rokhimah, Z., Rona Makom, M., Al Farizi, M., & Eviyanti, N. (2021). Pelatihan Associate Certified Public Accountant (A-CPA) Pada Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. 1(1), 56–65.

Shafira Oktaviani, Y., Zoebaedi, F., & Ani, S. M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarier Menjadi Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila. In RELEVAN (Vol. 1, Issue 1). www.iaiglobal.or.id

Sudayana, I., Budi Yulianti, E., Erawati, D., Akuntansi, P., Ekonomi, F., & Tama Jagakarsa, U. (2023). Dampak Pengalaman Audit Dan Teknik Audit Berbasis Komputer (CAAT) Terhadap Kinerja Audit Pada KAP Akuntansi Publik. Neraca Manajemen, Akuntansi Ekonomi, 1. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI