Keluhan Mahasiswa untuk Bapak Ibu Dosen di Seluruh Indonesia

Kelas online

Salam hormat. Semoga Bapak Ibu dalam keadaan sehat walafiyat

Saya haturkan terimakasih atas loyalitas serta ilmu yang telah diberikan dengan segenap pengorbanannya.

Sebelumnya saya mohon maaf, bukannya saya akan bertindak lancang atau tidak takdzim. Juga, semoga ini bisa mewakili teman-teman semua terkait keresahan perkuliahan online ditengah suasana pandemic covid-19.

Bapak Ibu dosen, saya akan mengemukakan keluhan saya yang juga mewakilkan teman-teman mahasiswa dari berbagai pelosok daerah di nusantara ini. Terkait dengan pergantian sistem pembelajaran yang dialihkan kepada sistem daring, kami sedikit mengelukan dengan adanya sistem belajar tersebut yang saat ini sedang berlangsung dengan sungguh massif karena kondisi wabah yang tak terelakan. Di tengah ini juga, gencarnya pembelajaran menggunakan media dari internet seperti google meet, zoom, google class room, dan sebagainya.hal tersebut, juga harus didukung oleh koneksi jaringan internet yang baik dan konsisten. Mungkin pada umumnya di tempat perkuliahan atau di lingkungan sekitar kampus lah yang memiliki jaringan yang sangat baik dan cenderung easy. Namun, perlu diketahui, bahwa kami para mahasiswa tak semuanya tinggal di lingkungan perkotaan apalagi di wilayah kampus, karena sebagian besar dari kami telah banyak yang memilih untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Selain itu, cukup banyak dari para mahasiswa yang tinggal di daerah pelosok yang memang jauh dari hiruk pikuk kota, sehingga menimbulkan pada dampak rendahnya koneksi jaringan internet. Hal ini juga dikeluhkan oleh saya sendiri sebagai mahasiswa yang tinggal di daerah perbatasan dan jauh dari perkotaan, tepatnya di perbatasan Lampung-Sumsel yang sekelilingnya adalah perkebunan karet dan sawit serta membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai ke ibu kota kabupaten. Beralih dari hal tersebut, terlebih ketika menggunakan aplikasi-aplikasi pengantar pembelajaran seperti zoom yang mana saya sering keluar masuk aplikasi, disebabkan koneski internet tidak konsisten yang cenderung putus-putus.

Kemudian mungkin ada beberapa dosen yang menghendaki agar tugas-tugasnya terpublikasikan di akun youtube nya masing-masing, ini yang amat saya jengkelkan, pasalnya, beberapa kali saya mencoba mengupload tugas video di akun youtube pribadi, namun, dalam prosesnya memakan waktu yang sangat lama bahkan tidak bisa sampai selesai sama sekali. Pernah juga, suatu ketika saya mengupload tugas video yang kemudian saya tinggalkan tidur karena prosesnya yang lama, dan ketika saya bangun untuk mengeek ternyata yang terjadi adalah hasilnya tetap masih sama tidak selesai.

Ini sepertinya bukan hanya dirasakan oleh saya pribadi, namun juga teman-teman mahasiswa maupun pelajar di seluruh pelosok Nusantara, bukan? Maka daripada itu kami memohon kepada bapak ibu dosen yang terhormat agar memaklumi jika mendapati mahasiswa-mahasiswinya yang terkadang lambat dalam mengikuti kelas online, serta dalam mengumpulkan tugas-tugas. Semua itu, bukan disebabkan oleh kesalahan kami yang bermalas-malasan, tidak mau mengerjakan tugas dan lain sebagainya, tetapi sebagian besar daripada itu merupakan faktor kondisi dan geografis yang kurang mendukung.

Kami berharap bapak ibu dosen agar mengerti serta memaklumi hal ini. Juga tolong berikan support yang baik kepada mahasiswa – mahasiswi nya. Semoga bermanfaat dan menjadi pengingat bagi kita semua.

Terimakasih..

Yoga Dirgantara
Mahasiswa Institusi : UPN “Veteran” Yogyakarta
Aktif di DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) FISIP

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI