Wisata Tugu Muda Monumen Bersejarah Ikonik Kota Semarang

Wisata Tugu Muda Semarang
Tugu Muda Semarang ( M Choliq Nurhuda/09/12/2020)

SEMARANG – Semarang memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan. Tugu muda merupakan salah satu destinasi wisata di kota Semarang. Bangunan tersebut adalah sebuah monumen batu di Semarang, memperingati perjuangan kemerdekaan oleh Indonesian muda. Tugu Muda yang diresmikan oleh Presiden Soekarno menjadi simbol perjuangan para pemuda dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, tugu batu tersebut terdiri dari sebuah fondasi, badan dan kepala. Tugu Muda merupakan sebuah monumen bersejarah kota Semarang yang dibangun untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Pertempuran ini adalah perlawanan terhebat rakyat Indonesia terhadap Jepang pada masa transisi. Lawang Sewu menjadi saksi bisu perjuangan anak-anak muda Semarang yang dimulai pada 15 Oktober 1945, hingga kemudian berakhir 20 Oktober 1945 itu.

Satu sisi tugu dibuat relief , dengan kolam hias dan taman yang mengelilinginya. Selain Lawang Sewu, Tugu Muda juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berlibur ke Semarang. Terdapat spot kolam hias, air mancur, lampu hias warna-warni dan juga taman yang menghiasi Tugu Muda.

Bacaan Lainnya
DONASI

Tugu Muda Terletak di Pusat Kota Semarang dikelilingi oleh bangunan – bangunan yang bersejarah juga seperti Lawang Sewu, Gedung Pandanaran, Gereja Katedral Semarang, hingga Museum Mandala Bhakti. Tugu Muda dijadikan sebuah tempat berkumpul oleh kawula muda Semarang untuk berkumpul, bercanda, foto-foto pada malam hari, terutama Malam Minggu di area Tugu Muda Semarang sangat ramai.

M Choliq Nurhuda
Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi
Universitas Semarang

Editor: Diana Pratiwi

Baca Juga:
Kampung Jawi , Kampung Tematik Yang Melestarikan Kebudayaan Jawa
Wisata Kota Lama Semarang dan Keunikannya
Semawis, Destinasi Wisata Kuliner Semarang, Mahasiswa Harus Mencoba

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0822-1088-8201
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI