Evaluasi Risiko Psikososial dari Paparan Game Online terhadap Dinamika Perkembangan Generasi Muda dalam Konteks Era Digital

Game Online
Ilustrasi Game Online (Sumber: Media Sosial dari freepik.com)

Pendahuluan

Dalam era globalisasi yang ditandai oleh kemajuan teknologi informasi, generasi muda semakin terpapar pada game online. Fenomena ini memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aspek psikososial dan kesehatan, sehingga memerlukan analisis mendalam dari sudut pandang akademis dan sosial.

Game online telah menjadi salah satu kegiatan utama bagi generasi muda, namun dampak negatif yang terkait, seperti penurunan tanggung jawab akademik, profesional, serta kesejahteraan mental dan fisik, semakin menjadi perhatian.

Dampak Game Online terhadap Kesehatan dan Perkembangan Psikososial

Perkembangan teknologi dan proses globalisasi mengubah pola hidup manusia, termasuk pola kesehatan dan kesejahteraan generasi muda. Keterlibatan berlebihan dalam game online dapat menyebabkan gangguan pada rutinitas harian, penurunan aktivitas fisik, dan risiko masalah kesehatan yang meningkat. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kecanduan game online berhubungan dengan gangguan tidur, penurunan kualitas interaksi sosial, serta peningkatan risiko gangguan mental, seperti kecemasan dan depresi (Kuss & Griffiths, 2012). Hal ini mempertegas pentingnya pengaturan waktu dan keseimbangan antara aktivitas online dan offline.

Bacaan Lainnya

Dalam konteks psikososial, keterlibatan berlebihan dalam game online dapat menurunkan kualitas hubungan interpersonal dan mengurangi kemampuan individu untuk berfungsi secara efektif dalam lingkungan sosial dan profesional. Fenomena ini sering kali berujung pada isolasi sosial, penurunan motivasi akademik dan profesional, serta gangguan dalam pembentukan identitas psikologis.

Kecanduan game online dapat menyebabkan individu mengabaikan interaksi sosial tatap muka yang penting untuk pengembangan keterampilan sosial dan emosional. Hal ini berdampak pada proses adaptasi sosial, yang sangat penting dalam perkembangan psikologis remaja dan dewasa muda (Gentile et al., 2011).

Identitas Kaum Muda di Era Digital dan Globalisasi

Teknologi digital dan globalisasi telah mengubah cara generasi muda membentuk identitas mereka. Menurut teori perubahan sosial dan identitas multikultural, identitas generasi muda saat ini bersifat “fluida,” karena terus dipengaruhi oleh pergeseran nilai, norma, dan praktik sosial.

Keterhubungan digital memberikan akses terhadap berbagai informasi dan memungkinkan interaksi dengan komunitas global, yang mendorong perkembangan identitas yang lebih inklusif dan pluralistik (Turkle, 2011).

Teori identitas sosial menyatakan bahwa kaum muda cenderung membentuk identitas mereka melalui afiliasi dengan kelompok sosial yang memiliki nilai dan tujuan bersama, termasuk perhatian pada isu-isu global, seperti keberagaman, keadilan sosial, dan keberlanjutan lingkungan.

Oleh karena itu, identitas mereka sering kali muncul dalam konteks pertukaran budaya dan interaksi lintas batas, yang memperkuat karakteristik mereka sebagai generasi global yang berorientasi pada perubahan sosial dan inovasi (Arnett, 2002).

Manfaat dan Risiko Teknologi Digital bagi Generasi Muda

Teknologi digital membawa manfaat signifikan, seperti peningkatan akses informasi, keterampilan digital, serta percepatan proses pembelajaran dan inovasi. Alat digital memungkinkan generasi muda mengakses berbagai sumber daya pendidikan dan terlibat dalam penelitian yang kompleks, mendukung pengembangan keterampilan analitis dan kreatif.

Dalam konteks sosioteknologi, teknologi juga memperkuat interaksi lintas budaya melalui platform komunikasi global, memfasilitasi pertukaran ide, dan kolaborasi multidimensi (Wellman & Haythornthwaite, 2002).

Namun, ketergantungan berlebihan pada teknologi memiliki implikasi negatif, terutama dalam aspek psikososial dan kesehatan mental. Perspektif psikologi perkembangan dan sosiologi menunjukkan bahwa kecanduan teknologi dapat mengganggu kesejahteraan mental dan sosial, memicu isolasi sosial, serta menghambat pembentukan identitas yang sehat.

Oleh karena itu, diperlukan pendekatan interdisipliner untuk memahami secara komprehensif manfaat dan risiko keterlibatan teknologi bagi generasi muda (Kardefelt-Winther, 2017).

Baca juga: Sosialisasi Dampak Kecanduan Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Perkembangan Bahasa Anak

Dampak Game Online: Implikasi Psikososial dan Kesehatan Fisik

Penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan berlebihan dalam permainan daring dapat berdampak negatif pada perkembangan psikososial generasi muda.

Interaksi sosial tatap muka yang terabaikan karena fokus pada game online dapat menghambat kemampuan komunikasi langsung dan pembentukan hubungan interpersonal yang sehat. Dampak ini menimbulkan risiko terhadap pengembangan keterampilan sosial dan adaptasi dalam lingkungan sosial yang lebih luas (Griffiths, 2010).

Selain dampak psikososial, game online juga menimbulkan risiko kesehatan fisik. Penggunaan perangkat elektronik dalam jangka waktu lama dikaitkan dengan gangguan musculoskeletal, penurunan kualitas penglihatan, serta masalah postur tubuh.

Selain itu, kecanduan game online berkaitan erat dengan gangguan pola tidur, yang dapat memengaruhi kinerja akademik, fungsi kognitif, dan kesejahteraan emosional individu (Lam, 2014). Risiko kesehatan ini dapat bersifat kumulatif dan memiliki konsekuensi jangka panjang terhadap kualitas hidup generasi muda.

Keterbatasan Manfaat Game Online

Meskipun game online menawarkan manfaat tertentu, seperti pengembangan keterampilan kognitif (pemecahan masalah, refleks, dan strategi), manfaat tersebut umumnya terbatas pada konteks permainan itu sendiri. Efek transfer dari keterampilan dalam game ke kehidupan nyata sering kali minimal.

Di sisi lain, aspek ekonomi keterlibatan dalam game online tidak memberikan keuntungan finansial yang berarti bagi individu. Model bisnis game berbasis transaksi mikro dan langganan berkelanjutan sering mendorong pengeluaran yang tidak menghasilkan keuntungan ekonomi substansial.

Secara psikologis, keterampilan kognitif yang dikembangkan dalam game cenderung tidak berkontribusi pada pengembangan keterampilan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kecanduan game online juga berkaitan dengan gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, dan penurunan harga diri.

Selain itu, isolasi sosial akibat bermain game secara berlebihan dapat menghambat pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi yang esensial dalam kehidupan nyata (Anderson et al., 2010).

Rekomendasi untuk Intervensi dan Penggunaan Teknologi yang Sehat

Diperlukan pendekatan komprehensif dan interdisipliner untuk menangani kecanduan game online, melibatkan pengaturan waktu, literasi digital, dan intervensi kesehatan mental. Strategi intervensi yang diperlukan mencakup edukasi tentang manajemen waktu, dukungan psikologis untuk mengatasi ketergantungan, serta kebijakan publik yang mendorong keseimbangan antara penggunaan teknologi dan aktivitas produktif.

Penelitian lebih lanjut perlu fokus pada variabel individu, sosial, dan lingkungan yang mempengaruhi kecanduan game serta pengembangan program dukungan yang komprehensif.

Simpulan

Secara keseluruhan, keterlibatan intensif dalam game online membawa risiko yang signifikan bagi perkembangan psikososial, kesehatan fisik dan mental, serta produktivitas generasi muda. Meskipun terdapat manfaat terbatas, seperti pengembangan keterampilan kognitif, keuntungan tersebut tidak sebanding dengan berbagai dampak negatif yang menyertainya.

Kecanduan game online berkaitan dengan isolasi sosial, gangguan kesehatan, dan penurunan kemampuan berfungsi dalam konteks sosial dan profesional.

Untuk mengatasi tantangan ini, pendekatan interdisipliner yang melibatkan perspektif psikologis, sosiologis, dan kedokteran sangat penting. Strategi intervensi dan kebijakan publik harus mendukung keseimbangan antara penggunaan teknologi digital dan keterlibatan dalam aktivitas yang mendukung kesejahteraan holistik.

Edukasi tentang manajemen waktu, peningkatan literasi digital, serta dukungan psikologis merupakan kunci untuk memitigasi dampak negatif dari kecanduan game online dan mempromosikan penggunaan teknologi yang sehat dan terkontrol.

 

Penulis: Febri Angsemin

Editor: Salwa Alifah Yusrina
Bahasa: Rahmat Al Kafi

 

Ikuti berita terbaru Media Mahasiswa Indonesia di Google News

 

Kirim Artikel

Pos terkait

Kirim Artikel Opini, Karya Ilmiah, Karya Sastra atau Rilis Berita ke Media Mahasiswa Indonesia
melalui WhatsApp (WA): 0811-2564-888
Ketentuan dan Kriteria Artikel, baca di SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.